Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menerbangkan Drone

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menerbangkan Drone - OmahDrones


Bagi pilot baru yang masih dalam tahap pembelajaran cara menerbangkan drone, anda harus mengetahui aspek – aspek yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum menerbangkan drone. Dengan memahami apa saja yang harus diperhatikan sebelum menerbangkan drone, anda bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih untuk tata cara menerbangkan drone yang baik dan benar, terutama bagi anda pilot yang hendak menggunakan drone sebagai alat untuk menunjang pekerjaan anda. Jadi pada dasarnya menerbangkan drone itu tidak boleh sembarangan, apalagi drone yang selama ini mungkin anda kenal sebagai “mainan” semata, namun drone tidak serta merta bisa disebut demikian karena drone juga bisa menjadi sebuah alat yang berbahaya jika kita salah menggunakannya, contoh kecil saja pada bagian propeller, propeller ketika berputar kencang dan mengenai kulit, bukan tidak mungkin kulit bisa sobek dan harus dijahit untuk mengobatinya.



Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang hal apa saja yang harus kita perhatikan sebelum menerbangkan drone. Kali ini kita akan berpadu dari informasi yang diberikan oleh Om Herman Wibowo dari DJI Phantom Indonesia, yang ditambahi beberapa tips dari OmahDrones supaya lebih kompleks dan bisa menjadi informasi yang patut untuk dipahami supaya kita semua bisa menjadi seorang pilot drone yang cerdas, dimana kita mengetahui aturan terbang, teknik terbang, dan cara aman terbang supaya selain bisa mengoperasikan drone, kita juga bisa mengedepankan aspek lain yang lebih penting, sehingga kita tidak menjadi pengganggu ketika mengoperasikan drone di luar sana.



Lalu apa sajakah hal yang perlu diperhatikan sebelum menerbangkan drone? Daripada makin penasaran, simak ulasan berikut ini

1.       Pahami Aturan Menerbangkan Drone
Di banyak negara, sudah menerapkan aturan tersendiri untuk menerbangkan drone. Tak ketinggalan pula di Indonesia. Di Indonesia pada bulan Mei 2015 lalu pemerintah sudah merilis aturan untuk menerbangkan drone di negara kita ini, bersama juga hukum yang akan dijatuhkan jika sang pilot tidak menaati aturan tersebut. Aturan menerbangkan drone bisa anda baca lebih lanjut di Aturan Menerbangkan Drone DiIndonesia.



2.       Pilih Area Dan Objek
Ini berlaku untuk drone berkamera yang difungsikan untuk mengambil gambar untuk kebutuhan tertentu. Disini kebanyakan kita berpaku pada objeknya. Objek ada bermacam – macam seperti bangunan, hewan, manusia, pemandangan alam, dan lain sebagainya. Jika sudah menemukan objeknya, kita harus mencari area yang aman untuk menerbangkan drone.



3.       Cek Kondisi Angin
Hal ini yang sering diabaikan oleh kebanyakan pilot pemula, pertama kenali drone anda, apakah drone anda bisa tahan terhadap terpaan angin atau tidak, kebanyakan drone yang tahan angin adalah yang memiliki GPS di dronenya, sehingga dia bisa memposisikan dirinya ke titik yang sudah ditandai oleh drone. Jika drone anda tidak memiliki kemampuan seperti itu disarankan jangan terbang pada saat ada angin lumayan kencang, karena berpotensi drone akan terbawa angin sampai diluar jangkauan remote, dan hasilnya drone hilang entah kemana.



4.       Cek Obstacle Disekitar Lokasi
Obstacle disini adalah rintangan atau halangan yang berada di kawasan terbang drone misalnya tiang listrik, pohon, gedung, dinding, dan juga kabel listrik. Disini anda bisa mengetahui wilayah yang lebih nyaman untuk terbang sehingga anda bisa mencari lokasi yang minim halangan atau tidak ada halangan sama sekali, karena halangan – halangan semacam itu juga bisa berakibat fatal bila kita tidak fokus.



5.       Jangan mengganggu ketertiban umum
        Disini adalah tugas sang pilot. Pilot tidak boleh menerbangkan drone secara sembarangan sehingga mengganggu ketertiban umum, contoh kecilnya jangan menerbangkan drone didekat orang awam, karena kita tidak tau apakah orang itu paham akan drone atau tidak, karena bisa saja drone akan dianggap sebagai pengganggu dan malah mengacaukan beberapa hal yang menjadi urusan orang tersebut. Contoh lagi adalah dorongan angin yang ditimbulkan drone itu sangat kencang, sehingga mungkin saja ada beberapa orang yang bisa terganggu akibat angin tersebut


        Dengan memahami sekaligus menerapkan hal – hali seperti itu, anda tentu bisa menjadi pilot yang lebih baik daripada pilot yang tidak mengenai hal – hal seperti itu. Memang ada diantaranya yang terlihat sepele, namun untuk menerbangkan drone kita harus tetap totalitas dan hingga memperhatikan hal – hal sekecil apapun supaya kita bisa terbang dengan aman dan lancar tanpa hambatan.



        Oke, kita – kira seperti itulah ulasan kita hari ini tentang hal – hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika kita hendak menerbangkan drone, supaya kita bisa menerbangkan drone dengan cara yang baik dan benar sehingga kita tidak mengganggu ketertiban umum namun tujuan kita menerbangkan drone bisa terpenuhi. Tentu kita sebagai pilot dituntut untuk menerbangkan drone secara cerdas. Sampai jumpa lagi di ulasan kita yang lainnya.