Cara Modifikasi Kamera Drone Syma X5C


        Seperti yang kita ketahui, Drone Syma X5C adalah salah satu drone yang bisa dibilang cocok untuk siapapun, karena dari segi ukuran, fitur hingga di urusan harga juga tidak terlalu mahal, bahkan Drone Syma X5C ini juga sudah memiliki kamera bawaan yang bisa anda gunakan untuk mengabadikan momen ketika berada di udara atau ketika drone sedang terbang, maka pantas saja drone yang satu ini sangat laris bukan hanya di pasar indonesia, namun juga di negara – negara lainnya. Untuk para pilot yang sudah senior, mungkin akan mencopot bagian kameranya dan menggantinya dengan kamera lainnya yang lebih dinamis sehingga di bagian sudut pandangnya juga bisa diatur sendiri, karena kamera bawaan Drone Syma X5C ini memiliki sifat yang sudah paten, dan tidak bisa dirubah arahnya sesuai keinginan, sehingga jika anda tergolong masih newbie dalam menjadi pilot drone, maka anda akan berfikir dua kali jika harus membeli kamera baru untuk Drone Syma X5C.



        Masalah yang sering membuat pilot merasa kesal adalah kamera yang memiliki angle turun kebawah, sehingga jika drone bergerak maju, kamera akan merekam posisi bawah drone dan bukan arah depan drone, maka dari itu kebanyakan pilot lebih memilih untuk mengganti kamera bawaan Drone Syma X5C ini dengan kamera milik mereka sendiri. Namun sebenarnya ada satu trik yang bisa diterapkan untuk membuat kamera ini mengarah kedepan dan bukannya ke depan bawah, sehingga ketika drone melaju ke depan, kamera masih bisa merekam gambar kedepan dan bukannya merekam bagian bawah drone. Trik ini sederhana, namun bisa bermanfaat terutama bagi anda pilot yang tidak mau membeli kamera baru untuk Drone Syma X5C, selain itu trik ini juga bisa dikembangkan sendiri sesuai kreatifitas pilot masing – masing.



        Oke, berdasarkan masalah seperti diatas, maka sebenarnya yang harus dilakukan cukup sederhana yaitu membuat unit kamera menjadi menghadap kedepan. Dan untuk mengubahnya juga cukup mudah. Pertama yang harus disiapkan tentu saja alat dan bahannya.

Alat:
-          Obeng

Bahan:
-          Drone Syma X5C + kamera bawaan
-          Blade protector bawaan
-          Spon



        Mungkin ada yang menganggap blade protector ini sebagai suatu komponen yang kurang penting sehingga anda mencopotnya dari badan Drone Syma X5C. Nah jika anda tidak menggunakan blade protector ini, anda bisa menggunakannya untuk menunjang modifikasi kali ini.



        Oke, langsung saja ke cara modifikasinya. Sebenarnya kalau dibilang modifikasi juga kurang pas, jadi mungkin akan lebih baik jika kita menyebutnya “mengakali” saja. Nah, untuk ngakali nya caranya bisa disimak berikut ini.



        Pertama siapkan dulu semua alat dan bahan, ambil Drone Syma X5C, lalu copot kabel kamera dari badan drone.

Cara Modifikasi Kamera Drone Syma X5C - OmahDrones


Langkah selanjutnya copot bagian kamera drone dari body Drone Syma X5C.

Cara Modifikasi Kamera Drone Syma X5C - OmahDrones


        Setelah modul kamera sudah terlepas, sekarang ambil unit kamera itu, dan copot kedua baut/sekrup yang membuat modul menempel pada penutup baterai.

Cara Modifikasi Kamera Drone Syma X5C - OmahDrones


        Sekarang ketika kedua baut sudah terlepas, anda bisa lihat bahwa sebenarnya unit kamera bisa dibuat anglenya lurus kedepan, kebawah, dan bahkan keatas juga.

Cara Modifikasi Kamera Drone Syma X5C - OmahDrones


        Selanjutnya, ambil komponen blade protector, bisa dilihat kan di bagian blade protector ini ada satu baut juga, dan jika diambil baut ini memiliki ukuran yang lebih panjang daripada baut yang ada di kamera tadi. Nah, sekarang ambil baut itu dari blade protector, karena kita membutuhkan 2 baut, maka ambil dari kedua buah blade protector.

Cara Modifikasi Kamera Drone Syma X5C - OmahDrones

Cara Modifikasi Kamera Drone Syma X5C - OmahDrones


        Nah, kita sudah dapat dua buah baut yang ukurannya panjang, sekarang pasang kedua baut ini untuk mengganti baut yang menghubungkan kamera ke penutup baterai tadi. Memasangnya jangan dalam – dalam, namun hanya sebagian kecil saja agar kamera bisa di renggangkan.

Cara Modifikasi Kamera Drone Syma X5C - OmahDrones


        Lihat pada gambar dibawah ini untuk mengetahui maksud memasang bautnya jangan dalam – dalam supaya bagian kamera bisa direnggangkan. Jika kamera bisa direnggangkan seperti itu, otomatis angle kamera menjadi menghadap kedepan, dan tidak menghadap ke depan bawah lagi seperti aslinya.

Cara Modifikasi Kamera Drone Syma X5C - OmahDrones


        Langkah selanjutnya, yaitu ambil sepotong kecil spon, yang anda masukkan di sela – sela renggangan kamera dengan penutup baterai supaya bagian kamera ini bisa terus menghadap kedepan.


Cara Modifikasi Kamera Drone Syma X5C - OmahDrones


Setelah diberi sepotong spon pada sela – sela renggangannya, hasil jadinya kira – kira seperti ini

Cara Modifikasi Kamera Drone Syma X5C - OmahDrones


        Nah, kita sudah berhasil membuat kamera Drone Syma X5C menjadi menghadap kedepan. Dan lagkah terakhir yang harus dilakukan anda adalah mengembalikan unit kamera ini kembali ke badan Drone Syma X5C. Dan jangan lupa untuk menghubungkan kabel kamera ke unit dronenya.



        Sekarang bisa dilihat, kalau kamera Drone Syma X5C kali ini sudah menghadap kedepan, sehingga bila drone terbang maju kedepan, kamera akan menangkap gambar menghadap depan dan bukan menghadap kebawah lagi.




        Oke, begitulah trik sederhana kali ini tentang cara membuat kamera Drone Syma X5C menjadi menghadap kedepan, semoga trik yang sederhana kali ini bisa menjadi refrensi bagi seluruh pilot yang membutuhkan, Ternyata untuk mengakali kamera supaya tidak menghadap terlalu kebawah cukup simpel kan, tidak perlu membeli alat - alat tambahan yang mahal pula, bahkan bautnya juga dari Blade Protector, tinggal beli spon atau tinggal memotong kecil spon yang ada didapur pun sudah bisa, hahaha.