Cara Memperbaiki PCB Nano Drone Yang Patah

Cara Memperbaiki PCB Nano Drone Yang Patah - OmahDrones
Cara Memperbaiki PCB Nano Drone Yang Patah

          Dari sekian banyak produsen drone selain berlomba – lomba mengeluarkan drone dengan fitur yang banyak dan canggih, mereka juga bersaing mengeluarkan produk nano drone yang memiliki ukuran kecil, namun sudah bisa terbang menggunakan remote yang menggunakan frekuensi tinggi. Dengan ukurannya yang sangat kecil sehingga di sebut dengan nano drone, tentu drone jenis ini memiliki komponen yang sangat kecil juga, selain itu tata penempatan komponennya juga dibuat menjadi seringkas mungkin, sehingga drone akan memiliki ukuran yang super maksimal kecilnya. Namun, karena penataan yang sangat di ringkas ini justru membuat beberapa komponen nano drone menjadi rawan sekali untuk rusak, misalkan terbentur keras sekali saja, bukan hanya propeller yang rusak, bahkan bisa merambat hingga ke bagian motor, atau lebih buruk bisa merambat ke bagian PCB nya.



          Nah oleh sebab itu, kali ini kita akan membahas cara memperbaiki nano drone yang bagian PCB nya patah. Karena semua komponen dibuat seringkas mungkin, sehingga pada bagian PCB nya memiliki ketebalan yang hanya beberapa mili saja, sehingga wajar saja jika PCB nano drone menjadi tidak kuat, terlebih kebanyakan nano drone memiliki desain PCB yang menyatu dengan penopang motor sehingga jika terjadi tabrakan cukup keras pada motor, kemungkinan pada bagian PCB nya juga bisa terkena dampaknya dan menjadi patah.



          Jika anda memiliki nano drone yang rusak, baling – balingnya tidak mau berputar karena ada bagian PCB nya yang patah, anda bisa mengikuti tutorial singkat untuk memperbaiki PCB nano drone yang patah berikut ini.



Pertama siapkan alat dan bahannya.

Alat:
-          Obeng
-          Solder
-          Tenol
-          Lem tembak (opsional)
-          Cutter (opsional)

Bahan:
-          Nano quadcopter yang rusak
-          Kabel jumper



          Oke, kita langsung saja. Pertama kali kita kenali dulu masalahnya, sesuai judul. Kita akan memperbaiki nano QuadCopter yang pada bagian PCB nya patah seperti ini.

Cara Memperbaiki PCB Nano Drone Yang Patah - OmahDrones
PCB Nano Drone yang rusak


          Sehingga jika anda coba untuk terbangkan yang terjadi adalah motor hanya berputar di satu sisi saja, sedangkan sisi lainnya tidak berputar sama sekali.

Cara Memperbaiki PCB Nano Drone Yang Patah - OmahDrones
Propeller Mini Drone Berputar Sebelah


          Jika nano drone nya memiliki kerusakan seperti itu, maka sebenarnya anda masih bisa memperbaikinya dengan cara “mengakali”nya. Caranya sekarang ambil sepotong kabel.

Cara Memperbaiki PCB Nano Drone Yang Patah - OmahDrones


          Lalu solder dengan bagian motor yang sama secara diagonal. Oke, disini kita memiliki masalah pada jalur kabel putih motor. Sehingga kita hanya perlu menyambungkan kedua jalur kabel putih untuk motor dengan jumper. Caranya mudah, satu sisi kabel tadi anda solderkan ke bagian kabel putih di seberang jalur yang rusak lalu anda hubungkan sisi kabel satunya ke bagian jalur motor yang rusak, langsung hubungkan ke sambungan kabel motor ke PCB supaya mudah.

Cara Memperbaiki PCB Nano Drone Yang Patah - OmahDrones
Arah yang di sambungkan

Cara Memperbaiki PCB Nano Drone Yang Patah - OmahDrones
sambung kabel ke sisi sambungan pcb normal

Cara Memperbaiki PCB Nano Drone Yang Patah - OmahDrones
lalu sambung ke bagian sambungan pcb yang patah


Jika sudah, kira – kira hasilnya akan menjadi seperti ini

Cara Memperbaiki PCB Nano Drone Yang Patah - OmahDrones


          Lalu coba nyalakan drone, jika lampu bisa menyala semuanya, berarti anda berhasil menghubungkan sambungannya.

Cara Memperbaiki PCB Nano Drone Yang Patah - OmahDrones


          Sekarang coba terbangkan drone, bila keempat propeller bisa berputar, itu berarti anda berhasil memperbaiki nano drone anda.

Cara Memperbaiki PCB Nano Drone Yang Patah - OmahDrones


          Namun pada bagian PCBnya masih tetap patah, disini anda bisa mengakalinya dengan menyambungnya dengan sesuatu yang kuat, elastis nan ringan. Disini anda bisa menggunakan lem tembak yang lumayan bisa menopang sambungan PCB nya, caranya juga mudah tinggal lem bagian yang patah tadi hingga membentuk sebuah sambungan. Jika sambungan terlihat tidak rapi, anda bisa merapikannya dengan cutter sehingga menjadi lebih rapi dan ringan sambungannya.



          Memang memiliki sebuah nano drone itu memiliki kebanggaan tersendiri, selain anda memiliki drone yang ukurannya sangat kecil, mudah dibawa kemana – mana, dan bahkan ada yang sudah dilengkapi dengan kamera juga. Namun disisi lain, karena ukurannya yang kecil ini, sebenarnya drone dalam keadaan yang “maksa” karena seluruh komponennya dibuat menjadi seringkas mungkin baik dalam penempatannya maupun ukurannya. Sehingga akibatnya drone memiliki PCB yang tipis dan rawan patah. Tapi untungnya jika mengalami kejadian seperti diatas, anda masih bisa mengakalinya dan caranya juga cukup mudah.




          Oke, sekiranya begitulah cara memperbaiki nano drone yang PCB nya patah. Dengan cara yang sesimpel itu, drone yang sambungan pada PCB nya putus karena patah masih bisa kita akali dengan cara sederhana. Sehingga mini drone anda masih bisa terbang lagi. Nah untuk kedepannya diharapkan untuk terbang secara hati – hati agar tidak terjadi masalah yang mungkin bisa jadi lebih buruk daripada ini. Baiklah, sepertinya cukup untuk tutorial kali ini, semoga tutorial sederhana ini bisa membantu dan memecahkan masalah yang telah melanda mini drone anda.