Spesifikasi Syma x12 Nano Drone

Syma x12 Nano Drone - OmahDrones


        Jika anda pengoleksi drone, yang suka mengoleksi drone berbagai jenis bentuk dan kemampuan yang beraneka ragam, kali ini kita akan membahas tentang satu drone buatan Syma yang mungkin cocok untuk anda koleksi. Karena drone ini memiliki ukuran yang kecil. Namun jika anda tipe pilot yang suka menerbangkan drone dimanapun, drone ini juga cocok bagi anda karena ukurannya yang kecil mudah dibawa kemana - mana dan untuk chargingnya bisa langsung dicolokkan ke usb port atau ke powerbank. Drone ini sangat kecil bahkan bisa dimasukkan kedalam saku, namun jangan sekali - kali membawa drone dalam saku karena bisa saja nanti motornya jadi rusak karena kegencet.



       Nama drone buatan Syma yang akan kita bahas kali ini adalah Syma x12. Drone ini memiliki ukuran yang super kecil sehingga disebut Nano Drone. Drone ini hanya berukuran sebesar 7 x 4.5 cm saja. Karena ukurannya kecil di bagian tengah tempat mainboard serta baterainya berada menjadi terlihat lebih menonjol keluar. Syma x12 ini masih mengambil frame berbentuk huruf X dan dengan keempat propeller nano nya, membuat Syma x12 ini masuk kedalam jenis Quad-Copter. Casingnya pun dibuat sesimpel mungkin yang difokuskan untuk menutupi bagian dalam dari Syma x12 dan casing ini terbuat dari bahan yang sifatnya ringan namun kuat dan tahan banting.

Syma x12 Nano Drone - OmahDrones


       Syma x12 ini walau ukurannya kecil, namun dia sudah bisa terbang dengan stabil berkat 6 axis gyro yang sudah ditanamkan ke unit drone nano ini. Ditambah Syma x12 juga sudah bisa melakukan 360 derajat eversion, yang memungkinkan Syma x12 untuk bermanuver diudara dengan tombol yang sudah ada pada unit remotenya. Siapa sangka drone yang memiliki ukuran sekecil ini juga sudah memiliki fitur untuk melakukan akrobat diudara. Ini menandakan bahwa motor yang dimiliki Syma x12 memiliki kualitas yang bagus serta putarannya yang mantap.



       Drone ini walau kecil tetap membutuhkan baterai sebagai sumber energinya. Syma memberi drone ini baterai bertegangan 3.7 Volt yang kapasitasnya sebesar 100 mAh. Dengan baterai yang kapasitasnya sebesar ini anda bisa menerbangkan Syma x12 kira - kira selama 6 - 8 menit. Dan ketika baterai habis, anda bisa melakukan pengisian ulang menggunakan kabel USB bawaan dari Syma dengan cara menghubungkannya ke USB port pada laptop atau komputer , namun jika anda sedang berada di luar rumah, anda bisa juga recharge menggunakan powerbank sehingga akan lebih praktis dan simpel. Untuk lama waktu pengisian adalah sekitar 50 - 60 menit.


Syma x12 Nano Drone - OmahDrones

       Syma x12 ini, untuk transmisi datanya sudah menggunakan Frekuensi 2.4 GHz dan remotenya juga sudah 4 CH. Dengan remote ini anda bisa mendapat kendali penuh untuk mengontrol Syma x12 terbang. Dengan remote ini anda juga bisa mengaktifkan fitur bawaan seperti Eversion, Mengatur kecepatan menjadi high atau low, dan lain - lain. Remote ini menggunakan baterai tipe AA sebanyak 4 buah untuk sumber tenaganya. Dan dengan remote ini anda bisa mengendalikan Syma x12 hingga dalam radius 30 meter jauhnya.

Syma x12 Nano Drone - OmahDrones


       Sebagai pelengkap, Syma x12 memiliki aksesoris berupa LED yang bisa anda nyalakan. Jadi semisal anda menerbangkan Syma x12 di waktu malam hari, anda bisa menyalakan LED supaya Syma x12 bisa terlihat oleh mata, apalagi di tempat yang minim cahaya. Jika anda menerbangkannya di tempat yang ramai bukan tidak mungkin si nano Syma x12 ini menjadi pusat perhatian banyak orang terutama orang yang masih awam dalam dunia drone.

Syma x12 Nano Drone - OmahDrones


Setiap pembelian akan mendapat:
Quad Copter
Remote Control (batteries not included)
USB Charging Cable
Instuction manual
Screwdriver
Blade (4 pieces)




        Nah begitulah kira - kira bentuk, spesifikasi dan kemampuan serta fitur yang dimiliki oleh Syma x12 si Nano drone yang ukurannya kecil. Dengan bentuk yang kecil ini, membuat Syma x12 bisa mainkan dimana saja bahkan di ruangkan yang sempit sekalipun karena tidak membutuhkan ruangan yang luas untuk dapat terbang.


        Jika anda ingin membeli Syma x12 ini, harga kisarannya sebesar Rp 353.000,- bentuk yang kecil memang wajar memiliki harga dibawah satu juta. Dengan drone sekecil ini anda bisa menerbangkan drone dimanapun dan kapanpun. Oh iya, untuk hargannya itu masih kisaran. Jadi bisa diatas atau malah bisa dibawah harga tertera.