Istiah - Istilah dalam Aeromodelling




       Supaya para pilot tidak sekedar tau tentang istilah - istilah yang selalu ada di dunia Aeromodeling termasuk dunia drone ini. Maka, sebaiknya anda harus memahami istilah - istilahnya yang sering muncul dan digunakan pada dunia aeromodeling, Terutama bagi anda yang masih dalam kategori pemula dalam dunia drone. Istilah - istilah ini perlu dipelajari karena selain pilot bisa paham apa maksud dari istilah tersebut, ini juga bermanfaat ketika antar sesama pilot sedang berbincang tentang istilah ini, maka anda tau maksud dari lawan bicara anda sehingga tidak menimbulkan salah paham yang sering menjadi cikal bakal kerugian. Nah, lalu apa saja sih istilah - istilah yang dimaksud itu? ini dia mereka


RTF (Ready To Fly)
       Istilah ini paling familiar pasti di telinga anda, maksud dari istilah ini adalah jika anda membeli satu unit drone, maka sudah satu paket dengan perlengkapannya dan anda bisa langsung terbang menggunakan drone yang anda beli itu tadi.



FPV (First Person View)
       Istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah fitur dimana anda bisa melakukan live streaming dari kamera yang terpasang di drone melalui sebuah layar khusus, atau bisa juga smartphone yang biasanya diletakkan di atas remote menggunakan holder.



360 Derajat atau 3D Rolling
       Adalah istilah untuk mendeskripsikan bahwa drone bisa bermanuver 3D atau 360 derajat, jadi anda bisa berakrobat penuh dengan drone tersebut asalkan tau tekniknya.



mAh (mili Ampere per Hour)
        Adalah satuan untuk kapasitas baterai drone, semakin besar kapasitasnya maka semakin lama daya terbangnya.



GHz (Giga Hertz)
       Adalah satuan untuk gelombang frekuensi, lebih besar dari MHz (Mega Hertz), dengan frekuensi tinggi drone akan lebih aman dalam transmisi datanya, karena frekuensinya tidak akan bertabrakan dengan drone lain.


Transmitter
       Jika diartikan dari namanya adalah pemancar, dalam aeromodelling transmitter bisa disebut dengan unit remotenya.



Receiver
     Kebalikan dari transmitter yaitu penerima, dalam aeromodelling receiver juga disebut receiver, bukan unit pesawatnya. bentuk transmiter ini biasanya kecil.



       Nah, itu dulu kali ini, jika dirasa ada yang kurang atau masih bingung, tinggalkanlah komentar sehingga saya bisa menambahkannya dengan pasti. Semoga istilah - istilah ini bisa membantu anda yang sedang bingung mengenai istilah - istilah dalam dunia drone maupun aeromodeling. Terimakasih kunjungannya.