Tips Sebelum Membeli Drone Untuk Pemula



        Bagi anda yang tergolong masih pemula pasti akan sedikit bingung kira - kira apa saja yang perlu diperhatikan jika anda ingin membeli drone untuk pertamakalinya, terlebih karena anda masih pemula sehingga belum tahu akan hal apa saja yang penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli. Nah, disini anda akan diberitahu hal apa saja yang perlu anda perhatikan sebelum anda membeli drone pertama anda. Sehingga harapannya adalah anda mendapatkan drone pertama anda dengan spek yang memang pas untuk anda.





       Lalu apa saja sih kira - kira hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli drone? Mengenai itu sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda terutama dari bagian speknya, karena itu yang paling penting disini untuk mengetahui drone mana yang pas untuk anda, untuk jelasnya seperti:




Fitur
Tips Sebelum Membeli Drone Untuk Pemula - SpekDrone

       Sekarang sudah banyak drone yang memiliki fitur - fitur yang bagus. Nah salah satu dari fitur yang sedang booming terutama bagi pemula adalah fitur auto take-off dan auto landing. Nah, jika anda tergolong sebagai pemula dalam dunia drone, pastikan anda membeli drone yang memiliki fitur tersebut. Sehingga ketika anda belum benar - benar bisa take-off dan landing sendiri, anda sudah bisa menerbangkan drone anda menggunakan fitur tersebut.





Jarak/Jangkauan
Tips Sebelum Membeli Drone Untuk Pemula - SpekDrone

       Jarak antara drone dan remote bisa beragam, tergantung dari jenis jaringan dan tentunya spesifikasi dari si TX (transmitter) dan RX (Receiver) nya. Ada yang memiliki jangkauan max sampai 300m saja, namun ada juga yang bisa sampai di radius 1Km. Sebagai pemula anda tidak perlu membeli drone yang memiliki radius sangat jauh karena anda baru belajar statusnya. Nah, kalau ingin aman lagi anda bisa membeli drone yang sudah dilengkapi GPS yang memiliki fitur autopilot, sehingga ketika lowbat drone akan terbang ke titik awal dan otomatis landing.




Kamera
Tips Sebelum Membeli Drone Untuk Pemula - SpekDrone

       Akhir - akhir ini, memang kamera dalam drone malah dianggap suatu keharusan. Nah, jika anda pemula dalam drone, namun sudah paham akan kamera, anda tentunya harus memilih drone dengan kamera yang sesuai dengan tipe anda, dipasaran juga sangat banyak drone yang memiliki kamera antara dari kualitas VGA, 2MP, bahkan hingga HD 12MP . Keperluan kamera ini biasanya difokuskan untuk pilot yang suka mengabadikan gambar dari udara baik dalam foto maupun video.






Baterai
Tips Sebelum Membeli Drone Untuk Pemula - SpekDrone

       Baterai menentukan waktu terbang dari sebuah drone, sifatnya pun relatif. Maksudnya tidak selalu sama antara satu drone dengan drone yang lain karena lama waktu terbang juga dipengaruhi oleh berat si drone itu sendiri juga. Sehingga ketika hendak membeli drone yang perlu anda lihat adalah berapa spek baterai dan berapa lama waktu terbangnya. jika kapasitas baterai tidak terlalu besar, namun drone bisa terbang lama sekitar 15 - 30 menit, berarti itu drone yang awet baterai alias bagus. Lebih bagus lagi jika anda membeli drone yang memiliki cadangan baterai, cara ini bisa anda akali juga dengan membeli baterai yang tipenya sama. Tujuannya ketika baterai drone habis, anda tidak perlu menunggu proses recharge, namun anda tinggal mengganti baterai dengan cadangannya lalu anda bisa terbang lagi.





Harga
Tips Sebelum Membeli Drone Untuk Pemula - SpekDrone

        Yang terakhir adalah urusan harganya. Sebenarnya untuk harga itu relatif juga, jika anda menginginkan drone yang memiliki spek bagus, otomatis harganya juga bisa mahal. Namun sekarang sudah banyak drone yang sudah sepaket dengan kamera menggunakan kamera built in dari pabrik, itu lebih murah dibanding anda menggunakan drone yang kameranya add-on atau anda harus menambahkan unit kamera sendiri. Jadi pilihlah Spek Drone yang sesuai dengan pilihan anda dan pilih harga terbaik untuk drone anda.