Komponen Tambahan Keren Untuk Drone

Komponen Tambahan Keren Untuk Drone


       Sebagai terusan dari postingan kemarin yang membahas Komponen Yang Harus Disiapkan Saat Membuat Drone Sendiri, dimana kemarin kita sudah membahas komponen primer atau yang harus ada saat kita akan membuat drone sendiri, kita sekarang akan membahas tentang komponen sekunder yang bisa anda tambahkan ke drone. Ada beberapa istilahnya gadget yang bisa anda tambahkan ke drone anda sehingga menambah fungsi dari drone tersebut. kita mulai saja pembahasan kali ini dengan melihat list gadget yang bisa anda tambahkan ke drone.



Komponen Sekunder Untuk Drone:
1. Kamera
2. Lampu
3. Grabber





1. Kamera

       Sebenarnya kamera saat ini statusnya malah bisa dibilang aksesoris wajib yang harus ada dalam sebuah drone. Terutama untuk drone yang bukan hand made alias buatan pabrik, mayoritas drone - drone keluaran pabrik sudah menambahkan kamera di badan drone sehingga pilot bisa melihat, memfoto bahkan merekam pemandangan yang tertangkap di kamera, biasanya dari kamera akan terhubung ke smartphone, jadi pilot akan melakukan proses capture, record dan stop record dari smartphone yang diletakkan di dudukan khusus yang ada di remote nya.

       Dari jenis kameranya sendiri ada berbagai macam, ada yang sudah built in dari pabrik, ada juga yang add-on sehingga bisa di lepas pasang, nah di kamera yang bisa lepas pasang ini bisa memakai kamera Go-Pro dan sejenisnya misalnya. Seperti contoh dibawah ini

Komponen Tambahan Keren Untuk Drone


       Bagi drone dengan kekuatan tinggi, malah bisa sampai mengangkat kamera DSLR, sehingga biasanya disini ada dua pilot, pilot 1 mengendalikan drone, dan pilot 2 mengendalikan sekaligus mengambil gambar menggunakan kamera yang dikendalikan dari komputer.

Komponen Tambahan Keren Untuk Drone

       Kamera DSLR masih memiliki kelemahan, yaitu berat dan pengoperasiannya yang masih agak ribet. Jika bicara yang paling canggih, yang satu ini bisa menjadi top nya, yaitu UAV camera. Fungsinya sangat banyak, terlebih kamera ini memiliki banyak sensor didalamnya. Sebagai contoh UAV camera yang terdapat di Drone Predator buatan Amerika, yang di klaim drone terbaik dikelasnya. Ternyata ada UAV camera dengan ukuran kecil juga yang bisa dipasang di drone.

Komponen Tambahan Keren Untuk Drone

       Jika dipasang di drone pesawat saja bisa menghasilkan gambar yang bagus, apalagi dipasang di copter yang memiliki kestabilan sangat tinggi saat diudara.







2. LED
Komponen Tambahan Keren Untuk Drone

       LED atau Light Emitting Dioda adalah sebuah komponen elektronika yaitu dioda yang mampu memancarkan cahaya. Memiliki banyak kelebihan daripada memakai lampu biasa seperti lebih hemat energi, tidak panas, dan cahaya yang dihasilkan sangat terang. Selain itu pilihan warnanya pun sangat beragam. Disini anda bisa memorifikasi drone anda dengan LED sehingga ketika mengudara dimalam hari, Drone anda akan terlihat sangat mewah, dan bagi orang awam, malah bisa dikira bahwa drone anda adalah UFO.,

Komponen Tambahan Keren Untuk Drone











3. Grabber
Komponen Tambahan Keren Untuk Drone

       Sebuah drone juga bisa diberi penjepit yang berfungsi seperti tangan manusia. Dengan ditambah Grabber, drone bisa berfungsi sebagai pengambil bahkan pengantar barang yang kedepannya bisa dikembangkan lagi.
Komponen Tambahan Keren Untuk Drone







       Nah, mungkin itu dulu komponen - komponen tambahan yang bisa ditambahkan ke drone anda sehingga drone bisa memiliki fungsi lain yang bahkan bisa berguna. Sebenarnya untuk aksesoris bisa ditambahkan dengan berbagai macam cara sesuai kreatifitas anda sendiri, sehingga anda bisa membuat drone anda beda dengan yang lain. Sampai bertemu di postingan selanjutnya ya.. Keep Flying with Drone!