Spesifikasi 3DR Solo Drone - Support GoPro FPV!

Bicara soal drone professional, sekarang sudah ada banyak pilihan drone professional yang bisa anda beli secara mudah. Dan untuk urusan drone professional, 3D Robotics juga tidak mau kalah dengan drone buatan mereka yang bisa sukses menduduki jejeran drone professional. Bukan tanpa sebab, namun drone buatan 3D Robotics, yang juga sering disebut 3DR ini memiliki keunggulan yakni soal kecerdasan drone buatan mereka. Berkat kecerdasan drone buatan 3DR ini, sampai – sampai drone ini dijuluki drone terlengkap, tercerdas, tercanggih dan juga lebih dari sekedar professional. Nah, mungkin anda jadi penasaran bagaimana sih kemampuan dari drone buatan 3DR ini, maka dari itu di kesempatan kali ini, kita akan coba ulas bagaimana kehebatan dari drone tersebut.

Spesifikasi 3DR Solo Drone - OmahDrones


Drone ini diberinama 3DR Solo Drone, drone ini dari bentuknya saja juga sudah berbeda dari kebanyakan drone professional yang sudah terkenal, desainnya lebih memilih ke bentuk badan yang menyerupai huruf H. drone ini masih termasuk kedalam jenis quad-copter dengan empat buah propeller di tiap ujung lengannya. Karena bentuk drone ini memanjang di bagian depan dan belakang dia diberi kaki yang cukup kuat untuk menopang seluruh badannya. Selain itu, kaki ini juga berfungsi untuk melindungi unit gimbal dan kamera yang letaknya dibagian bawah drone. Drone ini disebut canggih, juga karena total dia menggunakan 2 otak atau CPU 1GHz, satu digunakan drone, dan satunya digunakan transmitter, sehingga proses controlling sudah canggih disini.



Selain itu, fitur yang ditawarkan juga cukup banyak. Mulai dari safe fly, berbagai tombol one key yang bisa sangat membantu ketika penerbangan, FPV, dan masih banyak lagi. Drone ini juga dinilai cocok untuk pilot pemula sekalipun, bagaimana tidak? 3DR Solo Drone ini memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan seperti one key take-off/landing, smart fly, bahkan anda juga bisa terbang dengan bantuan satelit GPS untuk menentukan rute, dan 3DR juga menjamin posisinya akurat. Bahkan, ada juga tombol pause. Seperti ketika memainkan game, tombol pause digunakan untuk berhenti sementara. Jadi misalnya anda panik tinggal tekan tombol pause, lalu coba pahami kondisi drone, dan jalankan lagi.



3DR Solo Drone ini memiliki baterai bawaan yang kapasitasnya sebesar 5200 mAh. 3DR juga sudah memastikan baterai drone ini juga cerdas, sehingga mereka menamainya Solo Smart Baterai. Dengan baterai ini, anda bisa menerbangkan 3DR Solo Drone hingga dalam waktu maksimal 25 menit. Ketika baterai mulai habis, sebisa mungkin jangan langsung di charge, tapi tunggu hingga sekitar 15 menit. Tujuannya adalah supaya kondisi baterai jadi normal dulu, dan ketika charging pastikan menggunakan smart charger dari 3DR. namun sebenarnya anda juga bisa charge dengan Li-Po charger yang tersedia di toko – toko, asalkan sudah Smart Li-Po Charger. Untuk waktu   chargingnya kira – kira membutuhkan waktu hingga 1.5 jam.


Spesifikasi 3DR Solo Drone - OmahDrones


Di bagian transmitternya, 3DR Solo Drone ini memiliki remote yang sangat elegan bila dilihat. Tombol – tombolnya tersusun rapi dan nyaman dilihat. Tombol pause, one key fly dan lainnnya sudah tersedia dalam remote tersebut. Dengan remote yang memiliki otak 1 GHz ini, anda bisa menerbangkan drone dalam radius sejauh 800 meter dengan frekuensi 2.4 GHz. Remote 3DR Solo Drone ini sudah menggunakan baterai tipe Li-Ion yang memiliki kapasitas sebesar 2600 mAh. Sehingga ketika baterainya habis, anda tidak harus membeli baterai baru lagi, karena tinggal charge. Di remote ini pun juga sudah terdapat LCD kecil berwarna, yang akan menampilkan status seputar drone seperti kekuatan sinyal, kapasitas baterai dan sebagainya, sehingga dengan layar kecil ini anda bisa mengetahui kondisi drone secara realtime.


Spesifikasi 3DR Solo Drone - OmahDrones


3DR Solo Drone tidak memiliki kamera official, namun justru disinilah cirikhasnya. 3DR Solo Drone mampu membawa GoPro camera, dan membuatnya bisa untuk melakukan fitur FPV. Jarang kan ada drone yang bisa untuk FPV menggunakan kamera GoPro. Yap, anda bisa FPV langsung menggunakan smartphone atau tablet anda yang berfungsi sebagai monitor, aplikasi FPV 3DR Solo Drone ini sudah tersedia baik untuk IOS maupun Android. Bahkan ketika streaming anda akan mendapatkan video 720p. sebagai tambahan, bahkan anda bisa membeli aksesori berupa Gimbal dari 3DR yang sudah jelas support untuk 3DR Solo Drone. Dengan memasang gimbal ini, anda bisa FPV sekaligus mengarahkan unit kamera ke angle yang anda inginkan.


Untuk spesifikasi ringkasnya anda bisa melihat dibawah ini

Specs:
Cameras: Compatible with GoPro® HERO3, 3+ and 4; optimized for HERO3+ and 4
Streaming video quality: 720p
Flight time: 25 minutes; 20 minutes with payload*
Range: .5 miles** (.8 km)
Max speed: 55 mph (89 km/h)
Max ascent speed: 10 m/s in stabilize mode; 5 m/s in “fly” mode
Max descent speed: ditto
Max payload: 420 g
Max altitude: 400 ft per FAA regulation, user adjustable (122 m)
Motors: 880 kV
Propellers: 10" diameter 4.5" pitch self-tightening (24 cm diameter 144 cm pitch); glass-reinforced nylon
Autopilot: Pixhawk 2
Software: APM:Copter
Communication: 3DR Link secure WiFi network
Frequency: 2.4 GHz
Weight: 3.3 lbs. (1.5 kg) / 3.9 lbs. (1.8 kg) with GoPro® and Solo Gimbal
Dimensions: 10 in. tall (25 cm), 18 in. (46 cm) motor-to-motor
Flight battery: Lithium polymer 5200 mAh 14.8 Vdc
Battery charge time: ~1.5 hours
Controller battery: 2600 mAh 7.2 Vdc rechargeable lithium ion
App requirements: iOS 8.0 or later / Android 4.3 or later
*Flight time varies with payload, wind conditions, elevation, temperature, humidity, flying style and pilot skill. Listed flight time applies to elevations less than 2,000 ft above sea level.
**Depending on environmental conditions; controller is expandable, allowing us or third parties to amp up the range in the future.



Solo Smart Battery:
Rechargeable lithium polymer (Li-Po)
5200 mAh
14.8 Vdc
Weight: 1 lb. (.5 kg)


Solo Gimbal:
Three-axis stabilization
Fully compatible with 3DR Solo and GoPro HERO3+ and HERO4; camera charging and stabilization only with HERO3
HDMI video output
Wireless software upgrade through Solo
Controllable range: 0° to -90° pitch



3DR juga akan terus menambah kemampuan 3DR Solo Drone dari sisi software, anda akan mendapatkan update an software dari 3DR secara gratis dan bisa langsung anda install pada unit drone. Maka dari itu, 3DR berani berkata bahwa anda tidak akan rugi bila membeli 3DR Solo Drone.


Spesifikasi 3DR Solo Drone - OmahDrones

Dan ketika anda beli drone ini, bila anda akan membeli dalam paket lengkap,, anda akan mendapatkan
1x 3DR Solo Drone
1x Transmitter
4x Blade Cadangan
1x Solo Gimbal
1x Solo Smart Battery
1x Charger
1x Tas 3DR Solo




Mungkin kesimpulan dari ulasan kita kali ini, 3DR Solo Drone ini memang cocok untuk anda beli baik untuk anda yang masih pemula, atau bahkan yang sudah professional sekalipun. Dan juga pastikan anda sudah punya kamera GoPro karena ketika pembelian, anda tidak akan mendapatkan unit kamera sama sekali. Dan yang terakhir, pastikan anda memiliki dana yang cukup untuk membeli drone ini.


Spesifikasi 3DR Solo Drone - OmahDrones



Bicara soal dana, untuk bisa membawa pulang 3DR Solo Drone ini, anda setidaknya harus menebusnya dengan harga sebesar Rp 11.000.000,- untuk versi lengkap dengan gimbal dan baterai cadangannya. Nah, semoga ulasan kita hari ini mengenai kemampuan 3DR Solo Drone yang sudah bisa melakukan FPV menggunakan GoPro ini bisa menjadi refrensi yang bermanfaat, dan juga bisa berguna bagi siapapun yang membutuhkan informasi mengenai kemampuan 3DR Solo Drone.